Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru

Cari Blog Ini

Cara Memilih Susu Formula Terbaik Untuk Si Kecil

Setiap ibu pasti ingin memberikan ASI eksklusif kepada anaknya agar si anak mendapatkan gizi terbaik. Namun, tidak semua ibu bisa mewujudkan hal tersebut karena alasan-alasan tertentu seperti ASI tidak keluar karena stres dan masalah lainnya. Oleh sebab itu, susu formula dipilih sebagai nutrisi pengganti ASI.

Kriteria Susu Formula yang Sesuai dengan Anak

1. Harus Sesuai Usia Anak
Dilansir dari https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/seperti-ini-cara-memilih-susu-formula-terbaik-untuk-si-kecil, kriteria susu formula yang sesuai dengan anak yang pertama adalah harus sesuai dengan usia. Setiap anak membutuhkan nutrisi berbeda usia sesuai dengan umurnya. Oleh sebab itu, para ibu harus memilih susu formula yang sesuai dengan usia anaknya. Adapun jenis-jenis susu formula berdasarkan usia antara lain susu untuk 0-6 bulan, 6-12 bulan, Bawah Umur Tiga Tahun (Batita), dan Bawah Umur Lima Tahun (Balita).

2.  Sesuaikan Komposisi Gula dengan Kebutuhan dan Selera Anak
Susu formula tentu saja mengandung gula. Namun, tidak semua susu memiliki kandungan gula yang tinggi. Sudah banyak merek susu formula khusus anak di bawah satu tahun yang tidak memiliki rasa manis (plain). Selain itu, komposisi susu anak sebaiknya mendekati ASI, walaupun tidak benar-benar sama. Susu formula terbaik harus mengandung zat besi, AHA, DHA, LA, Omega 3, Omega 6, dan berbagai jenis vitamin lain yang membantu anak untuk tumbuh dan berkembang.

3.  Jenis-Jenis Protein yang Dikandung
Setiap orang tua harus memerhatikan jenis protein yang digunakan dalam produk susu formula. Pilihlah produk susu formula yang menggabungkan jenis protein whey dan casein dengan kadar whey harus lebih tinggi daripada kasein, yaitu sekitar 60:40. Rasio kandungan protein tersebut setara dengan kandungan protein pada ASI.

4. Perhatikan Potensi Alergi pada Anak
Bayi yang baru lahir mempunyai risiko yang lebih tinggi terhadap alergi akibat konsumsi susu sapi. Untuk itu, setiap ibu harus memilih susu rendah alergen sehingga memperkecil risiko alergi pada bayi. Gejala alergi yang biasanya muncul antara lain diare atau muntah karena si anak mungkin intoleransi laktosa atau alergi susu sapi. Konsultasikan ke dokter secepatnya supaya bisa dipilih merek yang cocok untuk bayi.

Cara Mencuci Botol Susu dengan Benar
Kebersihan botol susu sangat penting untuk diperhatikan agar terhindar dari bakteri, kuman, atau jamur. Kelalaian dalam mencuci botol akan menyebabkan berbagai penyakit seperti diare atau infeksi jamur. Jadi, bukan susu formula yang membuat anak semakin mudah sakit. Simak tips mencuci botol susu bayi hingga bersih dan steril dari kotoran dan bakteri.

Syarat utama adalah botol susu dicuci dengan Sleek Baby pembersih botol. Adapun cara mencucinya sebagai berikut.
1. Cuci Badan Botol
Cucilah botol susu bayi dengan air hangat dan gunakan beberapa tetes Sleek Baby pembersih botol. Pastikan untuk memakai sikat khusus botol yang dibersihkan terlebih dulu agar seluruh bagian dalam dan luar terjangkau dengan mudah. Setelah semua bagian botol bersih dan kesat, bilaslah botol dengan air bersih.

2. Cuci Dot dan Perlengkapan Lainnya
Sebelum dicuci, lepaskan dot dari cangkangnya dan perlengkapan lainnya seperti vent atau tutup botol. Kemudian tuang beberapa tetes Sleek Baby pembersih botol ke atas spons dan remas spons hingga berbusa. Bersihkanlah dot dari bagian dalamnya, lalu keluar agar semua bagian terjangkau oleh spons tersebut.

Lalu bersihkan perlengkapan lain dari botol susu bayi. Terakhir, bilas semuanya dengan air bersih. Biarkan botol kering dengan sendirinya atau pakai tisu jika ingin segera memakainya. Hindari mengelap botol susu dengan kain lap karena mungkin ada bakteri berbahaya dalam kain lap.

Sleek Baby pembersih botol adalah penolong terbaik yang melindungi anak dari berbagai factor penyebab penyakit. Susu formula yang tepat dan cocok serta didukung dengan botol susu yang bersih, sang buah hati akan selalu sehat dan ceria. Sleek Baby pembersih botol terjamin 100% food grade sehingga aman untuk bayi. Selain itu, produk ini memiliki stain removal formula yang membuat botol susu dan peralatan bayi lainnya akan bersih dan steril. Yuk selalu pakai Sleek Baby pembersih botol mulai sekarang!
Ditulis oleh: Restu Guru - Rabu, 01 Juli 2020