Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru

Cari Blog Ini

Hidung Bayi Tersumbat? Jangan Takut Lakukan Hal Ini

Seperti yang sudah Anda ketahui, bayi memang sangat rentan tertular pilek atau hidung tersumbat. Bukan tanpa alasan, karena daya tahan tubuhnya masih sangat lemah dan tidak sekuat orang dewasa. Tapi sebagai orang tua, Anda tidak boleh terlalu panik dan segera melakukan beberapa cara yang akan dijelaskan di bawah ini untuk mengatasi hidung bayi tersumbat.

5 Cara Mengatasi Hidung Bayi Tersumbat
Selain karena flu, hidung bayi tersumbat disebebkan karena udara kering, serangan virus lainnya atau alergi terhadap sesuatu. Hal ini tentu membuat sang buah hati tidak nyaman dan jika dibiarkan terlalu lama akan menyiksanya. Yuk langsung ketahui bagaimana cara mengatasinya?

1. Menghilangkan Lendir atau Ingus
Cara pertama adalah menghilangkan lendir atau ingus. Tujuannya agar saluran pernapasan sang anak menjadi lancar kembali. Anda bisa menggunakan penyedot ingus yang bentuknya pipet kecil dan selang. Tapi jika dirasa ini terlalu menyiksanya maka Anda bisa menyedotnya menggunakan mulut seperti yang sudah dilakukan orang tua zaman dahulu.

2. Menambah Asupan Gizi
ASI atau susu formula adalah dua hal yang membuat bayi menjadi sehat. Karena mengandung banyak gizi ataupun nutrisi yang sangat baik. Jika bayi mengalami hidung tersumbat Anda harus menambah intensitas untuk menyusuinya. Tujuannya agar tidak mengalami dehidrasi dan imunitas bertambah.

3. Gunakan Pelembab Ruangan
Nah, selanjutnya adalah menggunakan pelembab ruangan. Jika bayi kuning harus diberikan panas yang cukup. Kebalikannya dengan hidung tersumbat pada bayi, Anda harus melembabkan ruangan agar ia cepat membaik. Jangan membiarkan terlalu kering karena semakin memperburuk keadaan.
Anda juga bisa menambah kehangatan dengan selalu menyalakan lampu, memberikan air hangat untuk dihirup dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadilah orang tua yang cerdas ya jangan biarkan sang anak sakit terlalu lama. Yang paling terpenting tidak usah panik.

4. Atur Posisi Bayi
Pasti Anda pernah mengalami kan bayi rewel karena hidung yang tersumbat? Tapi Anda justru menidurkannya? Ini salah ya, Anda harus menjaga posisinya agar tetap tegak. Kecuali jika sudah waktunya jam tidur. Sama seperti orang dewasa, hidung tersumbat semakin parah jika tidur terlentang kan.
Jika ia tertidur letakkan posisi kepalanya agak tegak dengan posisi bantal tegak lurus. Karena jika tidak demikian, bayi akan sering terbangun dan menangis. Pasti merepotkan Anda juga kan?

5. Oleskan Sleek Baby Telon Oil
Kalau yang satu ini, Anda bisa mendapatkannya di apotik atau toko bayi terdekat. Satu minyak telon dengan berjuta manfaat. Anda bisa mengoleskan sleek baby sesering mungkin di dada atau perut bayi. Aromanya yang khas membuat sang bayi rileks dan tidak rewel bahkan ketika hidungnya mulai tersumbat.

Pijat secara pelan agar si kecil terasa lebih lega dan lebih mudah untuk bernapas kembali. Tidak perlu lama-lama hanya satu menit saja kok.

6. Hindarkan dari Makanan Tambahan
Ini yang sering menjadi kesalahan, memberikan makanan tambahan racikan orang terdahulu agar hidung tersumbat bayi cepat reda. Salah ya, apalagi jika umur sang anak belum lebih dari 4 bulan. Ususnya belum menerima dan mengolah makanan yang kasar.

Bisa disimpulkan satu-satunya cara yang aman agar hidung tersumbat cepat teratasi adalah memberikan sleek baby. Selain murah, kaya akan manfaat juga mudah didapatkan. Sahabat para orang tua agar tidak panik dan menjadi cerdas.

Ingat ya, kandungan 2x minyak telon membantu membuat bayi lebih rileks dan proses recovery menjadi lebih cepat. Jangan lupa untuk mengindari segala sesuatu yang membuat hidung bayi tersumbat. Sayangi diri dan bayi Anda selalu.
Ditulis oleh: Restu Guru - Sabtu, 06 Juni 2020