Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru

Cari Blog Ini

Strategi Pengembangan Bisnis B2B Indonesia yang Terbukti Berhasil

Berbicara soal keberhasilan suatu bisnis, kunci utamanya tentu terletak pada pemasaran yang dilakukan. Pemasaran ini sendiri bagi B2B Indonesia adalah ujung tombak dari keberhasilan usaha yang dilakukan. Bagaimana sebenarnya strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan seperti ecommerce B2B ini?


Apa Itu B2B?
Sebelum Anda mengetahui apa saja strategi yang bisa digunakan untuk pengembangan bisnis B2B, ada baiknya Anda tahu dulu apa itu B2B. B2B sendiri adalah singkatan dari business to business yang merupakan sebuah transaksi komersial yang dilakukan antara pelaku bisnis. Bisa dikatakan, B2B ini sendiri adalah salah satu jenis pemasaran bisnis itu sendiri.

Hal ini sebenarnya untuk menggambarkan proses alami dalam pemasaran barang dan jasa. Pada B2B, biasanya produk atau jasa akan dijual dari perusahaan satu ke perusahaan lain untuk didayagunakan. Ada yang digunakan untuk kebutuhkan produksi sendiri, namun ada juga yang digunakan untuk dijual kembali.

Lalu, Bagaimana Strategi Marketing-nya?
Untuk strategi marketing dari B2B ini sendiri  haruslah fokus pada beberapa hal yang harus dijaga dan diperjuangkan. Itu dikarenakan B2B ini membutuhkan perusahaan lain untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan ada fokus yang diperhatikan itu, kerja sama yang telah ada di antara keduanya tidak akan memudah. Untuk strategisnya, adalah sebagai berikut!

1. Kualitas
Tentunya, hal pertama yang harus diperhatikan dalam strategi pemasarannya adalah kualitas dari barang atau jasa yang dijual. Perusahaan yang merupakan langganan perusahaan penyedia barang tentunya tak akan melupakan seperti apa kualitas barang yang ada dan bagaimana disiplinnya.
Kalau pemesanan pertama saja barang yang datang ambruladul dan kondisinya tidak sesuai dengan spesifikasi, otomatis perusahaan tersebut tak akan memesan di perusahaan penyedia itu lagi. Beberapa hal yang harus dijaga kualitasnya adalah bagaimana pengantaran produk itu, jumlah yang diberikan dan pemberian garansi.

2. Mempertahankan Nilai
Kunci sukses pemasaran sistem perusahaan atau ecommerce B2B Indonesia adalah dengan mempertahankan nilai pelanggan. Nilai pelanggan sebenarnya adalah nilai selisih antara harga yang dibayar konsumen dengan manfaat yang akan didapat konsumen. Makin besar nilai ini, maka makin tinggilah tingkat kepercayaan dan loyal dari bisnis tersebut.

Hanya saja, cara ini sebenarnya tak mudah. Ada banyak faktor yang bisa menghalangi penerapannya. Salah satunya adalah faktor konsumen yang banyak maunya. Namun, bagi perusahaan ecommerce B2B yang sudah paham dan berhadapan dengan konsumen yang sama dalam waktu lama, tetap harus mempertahankan nilai pelanggan ini.

3. Lakukan Improvement Terus-Menerus
Jangan cepat puas adalah kunci berikutnya. Ingat, banyak perusahaan yang gagal dalam menjalankan bisnisnya hanya karena mereka merasa puas dengan pencapaian yang sekarang mereka dapat. Anda harus ingat bahwa bisnis adalah hal yang terus berjalan dan berkelanjutan. Jadi, jangan pernah cepat puas dengan apa yang Anda dapat sekarang.

Namun, selain itu Anda juga harus paham  bahwa bisnis yang dilakukan juga menghadapi perkembangan zaman. Misalnya saja, bila dulu banyak brand yang menjual produknya secara konvensional, kini lebih beralih ke metode daring sehingga mereka bisa tetap berjalan dan menghadapi persaingan yang ketat. Improvement dan fleksibel adalah kunci suksesnya.
Memang, berbisnis dengan sistem B2B ini banyak tantangannya. Tapi, bukan berarti model bisnis yang lain tidak, ya! Nah, bagi Anda yang ingin tahu B2B Indonesia yang terbaik, Anda bisa kunjungi Blibli saja yang memberi berbagai kemudahan dan manfaat untuk para pelanggannya. Di antaranya adalah harga kompetitif dan pengiriman ke seluruh Indonesia.
Ditulis oleh: Khairina Caem - Jumat, 11 Januari 2019