Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru

Cari Blog Ini

Penting! Gejala Utama yang Menandakan Kehamilan

Benar hamil atau tidak? Jika Anda mengalami gejala utama kehamilan ini, maka dipastikan memang sedang berbadan dua. Mengetahui berbagai gejala utama sudah seharusnya diketahui sejak awal agar Anda langsung menyadari ketika mengalaminya. Berikut ini adalah gejala utama secara fisik dan non fisik yang sering terjadi saat kehamilan itu terjadi.

1. Kram dan Pendarahan
Salah satu gejala utama kehamilan adalah merasakan kram dan mengalami pendarahan. Kram ini terjadi di bagian perut bawah, seperti ketika sedang haid. Pada beberapa kasus, ibu hamil mengalami pendarahan berupa flek darah yang warnanya lebih pucat dibandingkan darah haid. Penyebabnya adalah menempelnya sel telur ke dinding rahim.

2. Mual dan Muntah
Mual dan muntah adalah kombinasi yang paling sering dialami wanita di awal kehamilan. Memang tidak semua rasa mual dan muntah adalah gejala positif hamil. Mual dan muntah yang menjadi tanda kehamilan adalah yang selalu muncul di pagi hari dan timbul karena menghirup aroma menyengat, seperti parfum, rempah-rempah, pengharum ruangan, dll.

3. Perubahan Tubuh di Bagian Tertentu
Perubahan tubuh adalah salah satu tanda fisik nyata yang bisa menentukan apakah Anda sedang hamil atau tidak. Jika perut bagian bawah lebih buncit, terasa nyeri, dan keras, maka bisa jadi Anda tengah berbadan dua.

Payudara yang lebih berisi disertai permukaan aerola yang lebih gelap. Ciri payudara tanda hamil tersebut juga ditambah dengan rasa nyeri ketika disentuh. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen yang meningkat demi mempersiapkan produksi ASI. Pantat juga lebih besar diakibatkan karena perubahan berat badan.

4. Mudah Merasa Lelah
Kelelahan sering terjadi ketika menginjak masa kehamilan. Anda menjadi lebih sering lelah walaupun hanya sedikit beraktivitas. Rasa lelah yang dialami juga berbeda karena sangat terasa dan lebih sering terjadi. Hal ini dikarenakan tubuh bekerja lebih keras dalam memompa hormon dan darah demi memenuhi kebutuhan nutrisi untuk janin di dalam kandungan.

5. Sering Buang Air Kecil
Sering buang air kecil adalah tanda kehamilan berikutnya yang perlu Anda sadari. Buang air kecil yang terlalu sering tentu saja menjadi perhatian Anda. Penyebab terjadinya hal ini adalah tekanan pada kandung kemih karena desakan ruang rahim yang semakin membesar. Oleh karena itu, segera periksakan diri ke dokter ketika sudah mengalami hal ini.

6. Kehilangan Nafsu Makan
Nafsu makan juga akan berkurang atau bahkan sempat hilang karena sensitif terhadap aroma makanan, terutama makanan yang aromanya menyengat. Meskipun tidak menyengat, Anda tetap terganggu karena indera penciuman lebih sensitif. Mual dan muntah juga menjadi penyebab hilangnya nafsu makan. Meski demikian, tetaplah untuk memenuhi nutrisi tubuh.

7. Suasana Hati yang Berubah-Ubah
Suasana hati atau mood yang berubah-ubah atau unconditional adalah gejala utama secara non fisik. Kondisi psikis berupa unconditional mood ini disebabkan karena perubahan hormon ketika hamil. Anda harus memahami hal ini dan mengontrolnya agar lebih nyaman. segera periksa ke dokter jika mengalaminya.

Berbagai gejala utama tersebut sudah seharusnya diketahui. Jika sudah mengalami sebagian besar gejala kehamilan tersebut, segeralah periksakan ke dokter untuk mengetahui kebenarannya. Pada umumnya, kehamilan memang sedang terjadi ketika merasakan gejala utama itu. Lebih lengkapnya, bacalah beberapa artikel yang tertulis di Orami Magazine.
Ditulis oleh: Restu Guru - Senin, 21 Januari 2019