Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru

Cari Blog Ini

Tips Membeli Lapak Tanah Dijual Agar Terhindar dari Penipuan

Dalam kegiatan membeli lapak tanah dijual, Anda tidak bisa sembarangan. Pasalnya bila Anda melakukan pembelian lapak tanah yang dijual ini secara sembarangan alias tidak difikirkan dengan baik maka akan membuat Anda rugi. Terlebih lagi Anda bisa terkena penipuan pada saat membeli lapak tanah yang dijual ini. Maka dari itulah terdapat beberapa hal penting harus Anda ketahui dan lakukan ketika hendak membeli lapak tanah yang dijual.

Salah satu hal penting yang harus Anda ketahui dan lakukan ketika hendak membeli lapak tanah yang dijual ini adalah tips terbaik dalam pembelianlapak tanah yang dijual tersebut. Hal ini menyebabkan Anda akan terhindar dari penipuan yang merugikan Anda. Tak hanya itu saja, Anda akan dimudahkan dan memilih lapak tanah yang dijual ini sehingga lapak tanah yang terbaiklah yang akan Anda beli.

Andapun tidak perlu ragu melakukan semua tips membeli lapak tanah yang dijual agar terhindar dari penipuan ini karena buktinya sudah banyak orang diuntungkan saat melakukannya.  Tidak perlu khawatir pula akan kerepotan melakukan semua tips membeli lapak tanah yang dijual  ini karena sangatlah mudah dilakukan. Jadi, Anda tidak boleh melewatkan semua tips dalam membeli lapak tanah yang dijual yang jual ini agar penipuan tidak menimpa Anda.

Terdapat beberapa tips dalam membeli lapak tanah yang dijual  agar Anda tidak terkena penipuan. Berikut adalah beberapa tips dalam membeli lapak tanah yang dijual agar Anda terhindar dari penipuan yang terampuh:

1. Memastikan Legalitas Tanah
Tips pertama membeli lapak tanah yang dijual agar terhindar dari penipuan adalah Anda harus memastikan legalitas tanah tersebut.  Anda harus memastikan bahwa lapak tanah yang dijual ini mempunyai surat-surat tanah yang lengkap dan legal. Maksudnya adalah lapak tanah yang dijual ini harus mempunyai sertifikat tanah yang mana sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Anda bisa membuktikan sendiri apakah lapak tanah yang dijual ini mempunyai legalitas atau tidak dengan mengeceknya langsung ke kantor BPN. Tidak harus sendiri, Anda juga bisa mengajak penjual lapak tanah yang dijual ini untuk mengeceknya bersama. Hal ini sangatlah penting untuk membuktikan bahwa lapak tanah yang dijual ini tidak dalam sengketa dan kepemilikan yang jelas.

Tidak boleh terlewat pula, Anda harus memastikan apakah kondisi lapak tanah yang dijual ini sesuai dengan sertifikat tanah yang ada. Pastikan lebar hingga luas tanah yang tertera pada sertifikat legal lapak tanah yang dijual ini sesuai dengan aslinya. Hal ini harus dilakukan karena banyak penipuan yang dialami oleh pembeli karena tidak mengecek legalitas lapak tanah yang dijual dengan informasi yang ada didalamnya.

2. Mengecek Langsung Keadaan Tanah yang Dijual
Tips kedua membeli lapak  tanah yang dijual agar Anda terhindar dari penipuan adalah Anda harus mengecek langsung keadaan tanah yang dijual tersebut. Hal ini sangatlah penting agar Anda bisa menilai apakah memang keadaan lapak tanah yang dijual ini layak untuk Anda beli atau tidak. Pengecekan lapak tanah yang dijual ini juga berguna untuk Anda bisa memastikan apakah si penjual lapak tanah yang dijual ini memberikan infomasi yang benar.

Dalam pengecekan langsung lapak tanah yang dijual ini terdapat beberapa hal yang mesti Anda perhatikan. Diantaranya adalah lokasi dari lapak tanah yang dijual ini apakah strategi atau tidak, akses ke lapak tanah yang dijual tersebut hingga melihat jenis lapak tanah yang dijual ini. Hal ini berguna untuk Anda bisa menetapkan rencana kedepannya bila Anda jadi membeli lapak tanah yang dijual tersebut.

3. Menggunakan Jasa dari Notaris PPAT
Tips ketiga dalam membeli lapak tanah yang dijual ini adalah Anda harus menggunakan jasa dari Notaris PPAT. Hal ini dikarenakan jasa notaris PPAT ini akan memudahkan Anda dalam proses jual beli tanah yang dijual ini. Tujuan dari pengunaan jasa notaris PPAT ini sangatlah menguntungkan Anda karena PPAT akan mengecek secara langsung bagaimana kondisi tanah dengan sertifikat yang ada.

PPAT dalam melaksanakan tugasnya tersebut akan melihat apakah terdapat permasalahan atau tidak pada lapak tanah yang dijual ini. Terutama pada permasalahan sertifikat lapak tanah yang dijual ini asli atau tidak. Hal ini penting karena saat ini banyak sertifikat tanah dipalsukan sehingga menimbulkan sengketa dan permasalahan yang besar. Maka dari itulah menggunakan jasa PPAT dalam membeli lapak tanah yang dijual ini adalah tips terampuh.

Dari hasil penjelasan informasi di atas mengenai tips membeli lapak tanah yang dijual yang harus Anda ketahui dan simak dengan baik ini, tentunya tidak cukup Anda hanya menyimaknya saja, Anda juga harus melakukannya. Maka dari itulah silahkanlakukan semua tips membeli lapak tanah yang dijual agar terhindar dari penipuan di atas ini ya!

Ditulis oleh: Khairina Caem - Sabtu, 15 Desember 2018